Penataan ruang kelas merupakan kegiatan yang harus dilakukan guru sehingga harapannya seluruh siswa dapat terfasilitasi dalam aktifitas belajarnya. Pengaturan fisik kelas mulai dari kursi, meja, papan tulis, dsb, diarahkan untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa. Dengan tata ruang kelas yang efektif tersebut siswa merasa senang, nyaman, aman dan belajar dengan baik.
Pengelolaan tata ruang kelas adalah kegiatan mengurus dan menata sarana dan prasarana belajar yang terdapat di dalam ruang kelas sehingga aktivitas belajar mengajar dapat terlaksana dengan efektif. Berbagai sarana dan prasarana yang perlu dipersiapkan dan ditata dengan baik adalah meja dan kursi, papan tulis, penghapus, penggaris, papan absensi, rak buku, dan lain sebagainya.
Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Tata Ruang Kelas
Suasana dan kondisi di ruang kelas dapat kita atur bagaimana supaya menggairahkan dan bersemangat. Pengaturan tata ruang kelas sebaiknya dapat menciptakan kondisi di mana siswa memungkinkan untuk dapat duduk berkelompok. Selain itu, kondisi di ruang kelas juga memudahkan guru untuk dapat bergerak secara leluasa sehingga ketika siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan persoalan, guru dapat menghampirinya untuk dibantu dalam mencari solusinya,
Untuk mengatur tata ruang kelas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
- Bentuk dan ukuran ruang kelas
- Bentuk serta ukuran bangku dan meja siswa
- Jumlah siswa yang akan menempati di dalam kelas
- Jumlah siswa dalam setiap kelompok ketika diadakan belajar kelompok
- Jumlah kelompok dalam kelas
- Komposisi siswa dalam kelompok (seperti komposisi pria dan wanita, serta siswa pandai dengan siswa kurang pandai).
Indikator yang Harus Dipenuhi Dalam Penataan Fasilitas Ruang Kelas
Berikut ini adalah indikator yang harus dipenuhi ketika melakukan penataan fasilitas ruang kelas:
- Anak-anak dapat belajar dengan aktif dan guru pun dapat mengelola kelas dengan lebih mudah dan lebih baik.
- Tata ruang kelas dapat dilakukan secara fleksibel sehingga ketika dibutuhkan perubahan dari satu tujuan ke tujuan lain dapat dilakukan sedemikian rupa dengan waktu yang singkat.
- Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang dapat memberikan bantuan dalam guru menjelaskan konsep-konsep materi tertentu. Seperti misalnya adalah berupa gambar-gambar atau atau model atau media lain.
- Tersedianya tempat penyimpanan alat atau media beljar yang cukup mudah dicapai sehingga waktu belajar siswa tidak terbuang.
- Penataan ruang, fasilitas sarana dan prasarana kelas harus mampu membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
Pengaturan Tempat Duduk dalam Tata Ruang Kelas
Masalah utama dalam sebuah tata ruang kelas adalah pengaturan tempat duduk, pengaturan alat dan media pembelajaran, penataan keindahan kelas, dan pengaturan desain ventilasi untuk pemenuhan sumber cahaya alami.
Bagaimana pun pengaturan posisi tempat duduk siswa memberi dampak dalam proses pembelajaran. Dengan penataan tempat duduk yang tepat akan membuat guru lebih mudah dalam mengelola kelas. Untuk itu, dibutuhkan denah tempat duduk siswa apakah disusun standar, berbentuk letter U, berkelompok, atau lain sebagainya.
Dengan penataan tempat duduk yang baik maka akan tercipta kondisi yang menyenangkan bagi siswa untuk belajar.
- Tempat duduk melingkar, cocok ketika pengajaran di kelas akan ditempuh dengan cara berdiskusi.
- Tempat duduk standar (berderet memanjang ke belakang), cocok untuk pengajaran di kelas yang ditempuh dengan metode ceramah.
- Tempat duduk berbentuk Letter U, cocok untuk pengajaran yang dilakukan dengan konsep game (bermain sambil belajar).
Pengaturan Alat dan Media Pembelajaran di dalam Ruang Kelas
- Alat peraga diletakkan di dalam ruang kelas sehingga memudahkan guru dan siswa dalam penggunaannya secara bersama-sama.
- Papan tulis, kapur tulis/spidol board marker. Ukuran papan tulis harus disesuaikan dan harmoni dengan ukuran ruang kelas, warnaya harus kontras dan penempatannya memperlihatkan estetika dan terjangkau oleh semua siswa.
- Papan presentasi dipasang pada bagian depan sehingga dapat dilihat oleh semua siswa dan difungsikan sebagainya mestinya.
Penataan Keindahan dan Kebersihan di dalam Ruang Kelas
- Hiasan dinding (pajangan kelas) sebaiknya dipasang dengan memperhatikan kepatutan dan keindahan, seperti misalnya burung garuda, photo presiden dan wakilnya, teks proklamasi, slogan pendidikan, para pahlawan, dan peta/globe.
- Lemari, rak buku diletakkan di depan sedangkan alat-alat peraga ditaruh di belakang.
- Untuk memelihara kebersihan, siswa secara bergiliran mendapatkan jadwal piket untuk membersihkan kelas.
Ventilasi dan Tata Cahaya Ruang Kelas
- Sebaiknya terdapat ventilasi yang sesuai dengan ruangan kelas.
- Area bebas rokok.
- Cahaya yang masuk harus cukup.
- Cahaya sebaiknya masuk dari arah kiri, atau tidak berlawanan dengan bagian depan.
Pengaturan Penyimpanan Barang-Barang di Dalam Ruang Kelas
- Tempat duduk siswa harus diatur sedemikian rupa, di mana bangku dan meja yang disediakan memungkinkan untuk dipindah-pindah atau diubah tempatnya.
- Ruang kelas dalam kondisi bersih dan segar sehingga menjadikan siswa bergairah dalam belajar.
0 Response to "Tata Ruang Kelas: Pengaturan Tempat Duduk, Alat dan Media Pembelajaran, dan Ventilasi Ruangan"
Posting Komentar