6 Interior Masjid yang Mengagumkan Dan Terindah di Dunia

Keindahan interior masjid biasanya terletak pada keunikan dan kehangatan yang ditimbulkan oleh ruangan tersebut bagi orang yang memasukinya.

Saat ini masjid sering dihiasi dengan pola-pola dan tulisan kaligrafi yang difungsikan sebagai pengingat akan keindahan Islam dan peran sentral Al Qur'an dalam kehidupan umat Islam. Selain itu, interior masjid dengan desain seperti ini juga ditujukan sebagai hiasan untuk keindahan ruang utama masjid itu sendiri. 


6 Interior Masjid yang Mengagumkan Dan Terindah di Dunia

Dengan desain yang indah dan elegan, masjid bisa menjadi tempat ibadah yang bikin adem bagi orang yang memasukinya. Arsitektur masjid yang unik namun sakral pada setiap sudutnya membuat kita terbenam dalam nauangan Tuhan.

Berikut ini adalah model desain interior masjid yang mengagumkan, terindah di dunia, dan yang dapat membuat jamaahnya merasakan ketenangan di rumah Tuhan.

1. Interior Masjid Al Jabbar



Masjid Al Jabbar merupakan salah satu dari karya Ridwan Kamil yang kini tengah menjadi icon dan juga landmark provinsi Jawa Barat. Interior masjid ini sangatlah mempesona. Dengan artwork yang mengagumkan, masjid ini mampu memberikan pengalaman luar biasa kepada pengunjung. 

Salah satu yang unik dari masjid ini adalah simbol identitas 27 kabupaten/kota yang melekat di pintu-pintu masjid. Satu pintu mempresentasikan satu kota/kabupaten di Jawa Barat. Masjid ini berdiri tanpa tiang tengah sehingga interior ruangan utama tampak begitu megah dan luas.





2. Ithra Mosque, Saudi Arabia





Desain interior masjid modern selanjutnya adalah Ithra Mosque, yang berlokasi di Dhahran, Arab Saudi. Masjid ini menampilkan kesan modern dan futuristik yang tampak pada eksterior maupun interior masjidnya.

Kesan modern dan futuristik ini ditampilkan dari pemilihan bentuk bangunan yang berbentuk kubah dengan pemilihan warna bangunan hijau dan silver. Detail interiornya memanfaatkan panel tembok 3D dan juga vertical farming dengan ditumbuhi rerumputan hijau. 

Sementara itu pada langit-langitnya dipasangi lampu gantung yang berfungsi sekaligus sebagai dekorasi di dalam interior masjid. Perpaduan warna antara dinding, karpet, dan juga lampu-lampu gantung tersebut merepresentasikan suasana yang berbeda yakni kesan modern yang futuristik, nyaman serta damai untuk dijadikan tempat badah. 





3. Masjid Shah Faisal, Masjid Mewah yang Menenangkan




Desain interior masjid selanjutnya biasa didapatkan dari desain Masjid Shah Faisal, Pakistan. Interior masjid ini didominasi oleh nuansa bahan-bahan material mewah. Kemewahan ini semakin bertambah ketika bagian tembok dan juga langit-langitnya dihiasi dengan tampilan high class

Bagian dalam masjid ini bahkan lebih indah dari bagian luarnya. Struktur masjid tanpa tiang tengah ini seperti tenda yang bagian interiornya dihiasi dengan mosaik. Kaligrafi nan indah menghiasi isi ruangan masjid ini yang dibuat oleh seniman terkenal Sadequain. Lampu Chandelier yang berasal dari Turki ditempatkan pada bagian tengah mampu meningkatkan keindahan interior masjid ini.





4. Masjid Kontemporer Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan





Bangunan masjid Al-Irsyad Parahyangan ini memiliki desain interior yang mampu mendeskripsikan pesan-pesan yang sarat akan makna. Salah satu elemen interior pada masjid ini yang menjadi titik fokus para jamaah adalah pada bagian mihrabnya (tempat imam masjid). 

Ruang cerukan mihrab masjid ini mengandung makna filosofi yang cukup unik dan berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Pada bagian depan mihrab ini, terdapat bola berwarna silver bertuliskan kaligrafi “Allah”. Selain itu, jamaah juga disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar, yang terlihat dari dinding mihrab yang berlubang. 



Nilai utama dari sebuah desain interior Masjid Al-Irsyad ini bukan hanya tampilannya saja, melainkan suasana dan kenyamanan yang mampu memberikan kesan berbeda bagi jamaahnya. 

Desain yang minimalis dan elegan pada masjid ini didominasi dengan warna abu-abu, putih dan hitam. Kombinasi warna tersebut mampu memberikan tampilan yang lembut. Sedangkan bagian dindingnya dikreasikan dengan model kaligrafi yang bertuliskan Laa Ilaa Ha Illallah.


5. Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan




Masjid kebanggaan masyarakat Solo ini baru saja diresmikan akhir tahun 2022. Masjid ini mengusung dua perpaduan budaya, yaitu arsitektur khas Timur Tengah dan juga interior masjid bermotif khas Indonesia.

Pada bagian interiornya, masjid ini menggunakan karpet dengan motif batik. Sedangkan pada bagian desain menaranya, memadukan dunia Islam yang luas dan beragam yautu dengan menggabungkan gaya Mamluk, Ottoman, dan Fatimiyah.

Tak hanya itu, seni ornamen pada bagian fasad bangunan masjid secara keseluruhan menggunakan marmer multi-warna untuk menciptakan bentuk yang artistik. Mozaik, ukiran dan pasir pecahan kaca membuat masjid ini mampu menampilkan desain simetri dan pengulangan islam tradisional.


Mihrab Masjid Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan



Plafon Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan



6. Masjid Raya Sumatera Barat



Jika dilihat dari luar, Masjid Raya Sumatera Barat ini tidak memiliki kubah seperti layaknya masjid pada umumnya. Sebagai gantinya, atap masjid ini didesain berbentuk segi empat dengan tiap sudutnya menjulang ke langit sehingga sepintas mirip rumah gadang. 

Bagitu juga dengan ornamen dan interiornya. Interior masjid ini dimasukkan unsur-unsur budaya khas Ranah Minang yang diaplikasikan di dinding masjid.

Pada bagian Mihrab masjid ini didesain lebih modern, yang dibentuk mirip lingkaran bulat telur. Model desain ini terlihat sangat futuristik dan mengingatkan kepada jamaahnya seperti bentuk hajar aswad yang berada di makkah. 

Pada bagian dinding ruangan didominasi oleh pintu dan jendela yang memiliki lubang-lubang vertikal sebagai sirkulasi udara. Pada bagian plafonnya dipenuhi dengan tulisan kaligrafi Asmaul Husna (nama-nama Allah) dan pada bagian tengahnya tersusun rapi sejumlah lampu-lampu yang menggantung membentuk lingkaran pada bagian atas plafon ruangan. 

Desain masjid yang terinspirasi dari motif kain songket Minangkabau ini dapat dikatakan masuk ke dalam golongan arsitektur aliran Neo Vernakular. Untuk menambahkan kesan mewah, panel berbentuk permata menghiasi interior masjid ini. 

Kombinasi warna dan pantulan pencahayaan di dalam ruang masjid ini menghadirkan ambience yang tenang dan terasa damai ketika dipadukan. 


Interior Masjid Raya Sumatera Barat


Sejumlah model desain interior masjid terindah di dunia di atas merupakan contoh-contoh desain terbaik tentang bagaimana keindahan dan keagungan agama dapat dicapai melalui desain arsitektur yang indah. Kita berharap masjid bisa menjadi tempat favorit yang dikunjungi oleh banyak orang untuk beribadah dan memperoleh ketenangan hati.

0 Response to "6 Interior Masjid yang Mengagumkan Dan Terindah di Dunia"

Posting Komentar